Halototo

Jumat, 26 Agustus 2016

Pose Yoga Terbaik untuk Pasien Diabetes

Jakarta Diabetes menjadi masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa pun. Akan sangat merugikan jika penanganannya terlambat. Selain menjaga pola diet sehat sehari-hari, dalam sebuah studi dinyatakan bahwa yoga dapat membantu pasien diabetes untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus menghindari komplikasi diabetes.

Mengutip laman India Times, ditulis Jumat (26/8/2016) sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal berbasis pengobatan alternatif pada 2014, mengatakan bahwa pengaruh yoga terhadap diabetes dan komplikasi diabetes mampu membantu perbaikan kadar glukosa dan kolesterol dalam darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Marshall Govindan dan Dr Emilia RipollBunn juga menemukan bahwa yoga mempengaruhi sistem pankreas dalam memproduksi insulin. Menurut salah satu praktisi yoga, Sabir Shaikh, pose asanas dalam yoga membantu menyeimbangkan fungsi sistem endokrin dan organ-organ perut seperti pankreas dan hati.

"Yoga merangsang sistem saraf dan peredaran darah yang pada akhirnya mampu mengontrol diabetes seseorang," kata diabetologist, Dr Pradeep Gadge.

Selain pengobatan, tentunya yoga membantu dalam harmonisasi tubuh, napas, dan pikiran, sehingga mengkontribusi dalam seluruh kesehatan tubuh. Studi juga menegaskan berlatih yoga akan bantu mengkompres perut dan merangsang sekresi pankreas atau sekresi hormonal. Hal tersebut mendorong insulin masuk ke dalam sistem tubuh dan bertugas meremajakan sel-sel pada pankreas pada pasien diabetes.

Berikut pose yoga yang disarankan bagi pasien diabetes, Ardha Matsyendrasana, yang dikombinasi dengan Dhanurasana, Vakrasana, Matsyendrasana, dan Halasana.

Sumber : 1

0 komentar: